Anjing Epilepsi: Tipe, Penyebab, Cara Menangani

Epilepsi biasa dikenal sebagai gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh manusia. Namuan ada juga beberapa kasus pada anjing epilepsi yang sering kali membuat para pemilik anjing merasa khawatir terkait dengan hal tersebut. Epilepsi pada panjing merupakan suatu ganguan genetic yang mampu mengakibatkan kejang yang tidak beralasan. Kondisi seperti ini sangat sering dijumpai pada trah anjing herder dan anjing beagle, namun epilepsi juga sering kali dijumpai pada jenis anjing yang lain.

Anjing Epilepsi: Tipe, Penyebab, Cara Menangani

Tipe-tipe Epilepsi pada Anjing

Ada dua tipe epilepsi pada anjing, yang pertama adalah epilepsy primer dan yang kedua adalah epilepsy sekunder. Epilepsy primer atau idiopathic epilepsy merupakan suatu kondisi yang timbul apabila diperiksa tidak akan menunjukkan kelainan apapun pada otak anjing. Kondisi ini bisanya timbul karena bawaan lahir. Sedangkan epilepsy sekunder merupakan kondisi epilepsi yang memiliki penyebab, umumnya dikarenakan adanya luka yang terdapat di otak.

Penyebab Epilepsi pada Anjing

Penyebab epilepsi pada anjing biasanya tidak ada penyebabnya, namun pada kondisi epilepsi sekunder ini biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi medis atau kesehatan yang dialami oleh anjing. Kondisi kesehatan yang biasanya menyebabkan anjing menjadi epilepsi ini dikarenakan oleh tumor otak, infeksi otak, tiroid yang rendah, gula darah rendah, serta karena vaksinasi. Semua hal tersebut biasanya menjadi penyebab dari terjadinya epilepsi pada anjing yang mengalami epilepsi.

Cara Menangani

Ketika anjing mengalami kejang-kejang, maka yang harus dilakukan oleh para pemilih adalah tetap tenang dengan mencatat perilaku anjing pada saat sebelum, selama, dan setelah mengalami kejang untuk selanjutnya dikonsultasikan kepada dokter hewan. Pastikan anjing tak berada di dekat dengan benda tajam, tangga, atau hal lain yang akan membuat anjing menjadi terluka ketika mengalami kondisi seperti ini. kebanyakan kejang tidak membutuhkan perawatan medis, terlebih jika anjing sudah mendapatkan perawatan. Jika anjing mengalami durasi kejang yang cukup lama maka para pemilih harus segera menghubungi dokter.

Merawat anjing epilepsi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk informasi lengkap seputar anjing terdapat di Mini Goldendoodle.